Escargot in Garlic Butter

 

Akhirnya berhasil juga gue makan makanan elite satu ini. Escargot ini pastinya terletak sebagai makanan pembuka (appetizer), dan dulu gue selalu bingung kenapa yang selalu gue denger escargot ini mahal banget dan pastinya cuma ada di restoran-restoran berkelas atau di French restaurant pastinya. Pas beberapa waktu yang lalu menyamperi Hummingbird (Jl.Progo) dan gak sengaja mata ngeliat menu ini di kolom appetizer pas liat harga nya standar trus curiga ini ngambil siput di halaman rumah nih kayaknya hahaha. Dan kejijikan gue sama siput darat satu ini gue telen dalem-dalem saat itu dan mari mari dipesaaaan 😀

Setelah gue pikir-pikir agak-agaknya gue mengerti kenapa terkadang escargot ini ada yang mahalan. oh bukan bukan! Bukan karena beda kasta . Bukan karena lo makan mahal yang artinya itu siput bule dan gue makan murahan karena itu diambil di halaman rumah hahahaha. Tapi it depends on how they are served. Penyajian escargot ini sendiri macem-macem. Dan makanan yang keluar di Hummingbird ini adalah salah satu standar nya, yaitu dengan garlic butter sauce dan biasanya disajikan bersama garlic bread juga. Bawang putih itu harus temenan sama makanan amis, kalo nggak bisa mati keamisan yang makan hehehe. 

Escargot ini sendiri sebenernya bener-bener tergolong makanan elite karena memiliki sejarah sebagai makanan bangsawan pada zaman dahulu kala. Makanya sekarang kalo makan ini berasa jadi bangsawan hahaha . Gak semua jenis siput bisa dimasak, species yang sering dimakan itu ada 2, Helix pomatia (aseeek penulisannya mengikuti kaidah binomial nomenclature :p) yang biasanya disebut burgundy snail dan Helix aspersa atau garden snail.

                                                  Helix pomatia

             Helix aspersa

Nah setelah dipikir-pikir, escargot yang mahalan itu kayaknya sih gara-gara dimasak nya pake wine juga. Jadi mahalnya karena wine gituuu. CMIIW gan !

Udah geli belom sama tampang masih hidup seekor siput yang akan gue makan ini? Nah penampakan kalo udah di piring sih menggugah selera banget. Secara kalo dibatam makannya gong-gong mulu (siput laut) direbus dan kalo mau makan dikorek pake tusuk gigi dulu dan berlendir-lendir gue doyan – doyan aja trus sekarang disuruh makan ginian mah cincay lah yaaaa 😀

Ah ya, katanya sih beberapa tempat juga nyediain escargot se cangkang-cangkangnya. Sayangnya disini aku tinggal makan aja. 6 detik langsung gak bersisa hihihi

                               Escargot in garlic butter IDR 32.5k

Leave a Reply

