Hansen’s American Classic Recipes

Hi again!

image

Ada banyak kejadian di kehidupan seseorang yang tentunya tidak akan pernah luput dari ingatan. Baik sengaja diingat karena merupakan hal yang memang semestinya diingat, ataupun tidak sengaja selalu teringat karena terlalu berkesan. Seperti mendengar suara unik Tulus untuk pertama kali nya di suatu acara kampus bersama seseorang mungkin bisa dikategorikan berkesan. Itu peristiwa berkesan yang kalau diingat bikin mesem-mesem sendiri, lain ceritanya dengan peristiwa yang belakangan ini menghantui hidup, yang sebenernya gak mau diingat tapi ya itu keinget terus. Memang berkesan tapi meninggalkan sedikit trauma. Untuk selanjutnya kita sebut saja banjir. Apa hubungannya trauma banjir sama mau review makanan? Hahaha. Kalau penasaran baca terus aja ya ke bawah. πŸ˜€

Selama 23 tahun dikasih hidup dan diberikan tempat tinggal yang jauh dari bencana alam seharusnya dijadikan alasan untuk selalu bersyukur. Namanya juga bencana, menimbulkan kerugian bagi penderitanya baik dari segi fisik maupun batin. Sampai saat ini, paling tidak sudah ada 3 bencana alam yang pernah gw alami di ketiga kota yang pernah ditinggali. Semua kota memang berpotensi memiliki tingkat kewaspadaan terhadap bencananya masing-masing. Ketika beranjak di usia 13 hampir 14 tahun, acara camping pramuka merupakan suatu kegiatan yang paling disukai. Apalagi di bulan Agustus dimana juga terdapat Hari Pramuka di dalamnya, kegiatan camping anak pramuka se Batam merupakan acara yang sangat ditunggu-tunggu. Kebetulan di tahun itu (2004), acara camping itu diselenggarakan secara akbar. Menggunakan suatu lahan yang sangat besar, tebasan hutan belantara, yang dikiri kanan jurang, memasukinya kawasan itu saja mobil offroad merupakan suatu kewajiban. Nggak ada yang tau, menebak, maupun menyangka kalau malam pertama di bumi perkemahan itu angin puting beliung datang. Mau tau rasanya melihat tenda beterbangan? Semua orang keluar nyari perlindungan, jalan sedikit terpeleset karena tanah udah berubah jadi lumpur, ada yang bersikeras tetap di dalam tenda sambil membaca ayat suci (yang sesungguhnya gw ga paham maksud dari orang-orang pasrah itu), dan gw tambah pusing karena sesaat sebelum bencana itu datang abis berantem sama pacar #eaaa. Kedua, peristiwa pertama kali ngerasain yang namanya gempa waktu di Bandung. Kebetulan tengah malem, udah tidur, dan kebangun gara pusing dengan goncangan, keluar kamar dan nyari ibu kosan langsung peluk trus numpang tidur di kamar ibu kosan sambil sms dan telp ibu di rumah yang gak langsung dibales gara-gara tidurnya kepulesan -.-β€œ. Nah, ketiga adalah bencana yang gw alami di Jakarta. Kata orang sih ini bencana biasa, tapi menurut gw bencana ini cukup menghisap energi. Ngeliat depan kosan air udah setinggi paha itu bikin bingung. Gw gak tau bakal ketemu apaan yang melintas di depan gw. Entah ular lah, kotoran dari got sebelah lah, mau ngungsi bawa barang banyak juga gak mungkin, ga keluar kosan lebih ga mungkin gara2 ga nyetok makanan. Jumat pagi itu gw inget banget, bangun dengan bunyi whatsapp yang mendahului alarm jam bangun gw. Ternyata ada pesan dari temen kantor gw yang nanyain β€œTempat lo banjir gak cas?” trus bingung. Suara di luar memang masih menandakan lagi hujan, efek capek kerja bikin ga sadar kalau sebenernya semaleman itu hujan turun deras dan ga berhenti-henti. Gw buka jendela dan ngeliat jalanan di depan kosan. Oh man. Udah semata kaki.

Jumat itu seharusnya gw berangkat ke Bandung dari pagi karena ada urusan dinas disana, tapi karena banjir ini gw mendadak linglung luar biasa. Gw harus nerobos banjir yang ketinggian airnya udah selutut, airnya kotor, sendirian, dan gw mencapai titik pertemuan sama temen2 gw yang seharusnya bisa dicapai 20 menit jadi 2 jam. Nyampe bandung, gw ngerasa kota ini ramah banget. Tentram. Gw gak harus ngeliat air bah disepanjang mata gw memandang. Hujan juga turunnya masih sopan, rintik-rintik asik. Nyokap gw pun menitahkan untuk gak pulang ke jakarta dulu sampai kondisi membaik. Sebenernya ada senengnya juga sih gw bisa ngungsi ampe ke Bandung gini. Dan sampailah pada inti dari postingan ini (maaf ya kebanyakan curhat), temen gw ngajakin buat makan siang di suatu resto kecil dan unik di daerah Taman Cibeunying Utara Bandung buat ngobatin kegundahan akibat banjir #halah.

image

Resto ini terletak tepatnya di Jl Taman Cibeunying Utara No.12 Bandung. Garasi mobil suatu rumah yang disulap jadi tempat makan yang unik. Sangat sepi memang. Teman gw yang memang menjadikan tempat ini tongkrongan barunya selalu kesenengan karena bisa dengan leluasa mendominasi area tanpa harus toleransi kebisingan dengan yang lain. Mau berisik manggaaa, butuh ketenangan juga ga akan ada yang ricuh. Ditambah lagi temen gw mengikrarkan kalau harga disini gak masuk akal murahnya. Wow, double happiness πŸ˜€

Siang itu, sesuai dugaan tempat ini sepi. Hanya dikunjungi satu pengunjung bapak-bapak yang hanya menyeruput air mineral dan kami (gw dan Gina) yang kelaperan belum makan. Gw cukup excited mengambil menu yang disodorkan pelayan. Gina pun membantu menjelaskan beberapa menu yang udah pernah dia coba dan merekomendasikan. Tapi sayangnya harga yang tertera sudah berubah hahaha. Harganya udah ga semurah terakhir kali Gina kesana. Harga satu piring spaghetty yang dulu hanya 25k sekarang pun harus siap merogoh 33k. Ya, salah satu kerugian makan di tempat yg belum terkenal memang begini. Owner memang dengan mudah bisa menaikkan harga tanpa mendapat protes banyak. Sayangnya rata-rata harga tiap menu dinaikkan sekitar 8k sampai 10k. How bad. Gw cukup rakus hari itu. Mungkin terlalu happy karena menemukan menu swedish meatball. Menu yang sangat amat gw pengen cobain karena merupakan salah satu menu andalan di IKEA, tp sayangnya IKEA singapore menggunakan olahan beef and pork. Dan berhubung yang disini menggunakan daging yang in shaa Allah ‘halalan toyyiban’, langsung sikat!

image

Ini dia menu andalan gw. Dengan pilihan french fries, satu menu ini cukup buat gw kenyang. enak! wajib coba. Kamu juga bisa pilih mashed potato sebagai peneman meatballs nya.

Ngga cukup kalo itu doang ! Lanjut menu kedua. Spaghetty. Spaghetty ini gw pesen karena kata Gina rasanya unik. Gw pun tertarik mencoba. Rasanya sangat rempah-rempah. gw juga ga bisa mendeteksi jenis rempah yang mendominasi makanan ini tapi gw pribadi kurang suka. Keju-keju blok yang disebar di dalam spaghetty ini cukup mencuri perhatian. Jarang-jarang kan makan spaghetty ditemani keju-keju berukuran dadu?!

image

Spaghetty pilihan Gina yang satu ini menurut gw cukup decent alias ga macem-macem. Enak dan cocok di lidah, dibanding spaghetty gw. Menu yang ini bisa untuk gw rekomendasikan πŸ˜€

image

Bentar-bentar.. belum beres gw jelasin menunya. Jangan ditutup dulu browsernya karena hidangan penutup satu ini (yang ga cocok dijadiin penutup tp biarin deh) , cinnamon rolls. Homemade cinnamon rolls ini dewa. Rasanya ga kalah sama cinnamon rolls starbucks. Disajikan masih hangat. Bener-bener fresh from the oven. Wajib pesen!

image

Beralih ke minuman. Hari ini dipenuhi menu-menu asing. Minumannya ga boleh kalah asing. Gw pesen Zinger drink. Minuman hangat tapi dingin. Bingung kan lo. Sejenis bir pletok, terbuat dari jahe. Disajikan dingin, tapi kalo sudah sampe di tenggorokan langsung anget. Magic banget pokoknya. Kalo minuman gina juga enak. Chocolatenya pas – nggak kemanisan nggak kepahitan.

image

Jadi, penasaran kan sama tempat ini? Jangan lupa berkunjung kalo gitu kalau kamu lagi di Kota Bandung. Ciao

PS. Ini postingan udah lama banget ngedekem di draft tumblr ga sempet di post. But I eventually did it. Ini cerita jaman kebanjiran sekitar bulan Januari 2014, dan sekarang udah hampir bulan Juni. Gila. Kangen juga ngeblog.

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s