INTERLAKEN

dscf8907

how-to-get-ther

Keinginan untuk traveling ke Swiss di antara musim spring dan summer akhirnya kesampaian juga. Dengan suhu ekstrem di Swiss saat winter membuat berpikir dua kali untuk pergi kesini. Bulan May sampai Oktober bisa dijadiin referensi buat kamu yang ingin menikmati hijaunya negara ini. Mau main salju ? Tinggal kunjungi area pegunungannya walaupun memang harus siap merogoh kocek dalam2. Budget sepuluh hari keliling Eropa di winter break kemarin sama dengan budget 3 hari di swiss. Tapi memang dikarenakan liburan kali ini aku lagi pengen yang nyaman dikarenakan kondisi badan yang kurang fit setelah seminggu field trip ke Italy dan France ditambah harus siap badan lagi untuk field work seminggu 😁. Untungnya didukung dengan harga tiket pesawat yang affordable 130 euro pp. Padahal harga one-way biasanya bisa mencapai 200 euro.  Harga bis kebetulan sedang beda tipis dengan harga pesawat, sekitar 55 euro sekali jalan dan waktu perjalanannya yang super lama bisa diantara 12-15 jam tergantung tempat transit yang biasanya transit di salah satu kota di jerman ataupun prancis buat aku mundur.

Hanya membutuhkan 1h5min dari Schipol Airport menuju Basel Europort. Nama airport ini sebenarnya Basel-F-M , dikarenakan berada tepat di perbatasan 3 negara, Switzerland, Germany, France. Di dalam area bandara penunjuk arah yang pertama kali ditemukan adalah penunjuk arah negara tujuan. Jadi inget ke perbatasan Netherlands, Belgium, Germany di area Maastricht. Hanya dengan satu langkah dengan mudahnya kita bisa berpindah negara. Bandara ini sesungguhnya tidak terbilang besar juga dan tidak ramai (mungkin bukan masa liburan juga).

Setelah browsing sebelumnya, info yang didapatkan adalah untuk menuju Basel Central Station (Basel SBB) dari airport adalah menggunakan Bus no.50. Tampaknya memang hanys bus ini yang beroperasi di area bandara. Perputaran bis ada di setiap 10 menit. Jangan lupa membeli tiket di mesin ticket berwarna hijau. Harga ticket ini CHF 4.4. Cukup mahal dengan jarak tempuh hanya 17 menit. Ohya, dikarenakan swiss ini negara non-EU, maka mata uang yang digunakan yaitu CHF. Kurs nya mirip-mirip memang tapi tetap saja atm adalah mesin pertama yg dikunjungi. Sempat bingung, pilihan bahasa yang awalnya kupikir tidak ada bahasa Inggris, akhirnya bertemankan google translate, baru bisa nemuin pilihan bahasa inggris 😄.

Sesampainya di Basel SBB masih ada waktu satu jam sebelum jadwal kereta ke Interlaken. Tiket kali ini sengaja sudah dibeli beberapa hari yang lalu memanfaatkan supersaver ticket. Walaupun menunda-nunda dan akhirnya rugi CHF 6 😓. Tapi ini jauh lebih murah dibanding harga regular sebesar CHF 60. Super mahal  memang kereta antarkota nya. Ticket Basel – Interlaken ini kudapat dengan harga CHF 36. Setiap jadwal harganya berbeda. Jadwal ini adalah yang termurah diantara yang lain hihi. Beberapa memang menyarankan menggunakan Swiss Pass dengan jumlah hari sesuai rencana. Tapi dikarenakan mobilitas antarkota yang aku rencanakan rendah jadi lebih baik memanfaatkan supersaver ticket.

Perjalanan Basel – Interlaken memakan waktu sekitar 2 jam ditemani dengan pemandangan cantik ala Swiss saat spring yang serba hijau. Beberapa saat sebelum tiba di stasiun tujuan Interlaken Ost, kereta ini melalui Lake Brienz yang indah banget. Warna turqoise khas nya ini langsung bikin pengen cepet-cepet turun.

accomodation

dscf8902

attractions

1. LAKE BRIENZ and LAKE THUN

2.HARDER KULM

http-signatures-mylivesignature-com-54494-336-764b5a3e1154b883f7d5aa5ad5e5d0c0

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s