Hong Kong bound !

Berpetualang 1.5 tahun di Eropa dengan segala kemudahannya berpindah dari satu negara ke negara yang lain membuat saya ingin kembali mempraktekkannya di Asia. Tapi bedanya saya merasa harus picky dan lebih banyak riset sebelum menentukan destinasi yang aman buat traveler wanita yang lebih nyaman jalan-jalan sendiri seperti saya ini. Keputusan untuk mengunjungi Hong Kong inipun cukup dengan banyak pertimbangan karena awalnya saya berencana untuk bepergian sendiri saja. Apalagi setelah membaca (dan untungnya sempat membaca) artikel tentang horrornya Chungking Mansions di daerah Tsim Sha Tsui, hampir mikir dua kali buat bepergian ke negara ini.

how-to-get-ther

Waktu bepergian saat itu adalah masih di masa waktu libur lebaran dimana tiket pesawat ke tujuan manapun mahalnya gak pake mikir. Sayapun membeli tiket ke Hong Kong ini dengan PP Hong Kong – Singapore yang kalau dihitung-hitung sih jauh lebih murah dibanding pergi lewat Jakarta. Harga tiket PP saat itu sekitar Rp 2.3 juta, sebenernya sih harga awal tiketnya hanya 2 juta tapi saya tunda-tunda dulu belinya karena kondisi perpanjangan passport kakak yang belum jelas kapan beresnya. Pesawat yang digunakan ketika terbang dari Singapore-HongKong adalah Tiger Air, sedangkan perjalanan kembali dari HongKong-Singapore menggunakan Scoot. Nyaman banget ternyata pesawat Scoot ini dan feature pesawatnya lumayan bikin saya norak. Pesawat ini cukup besar dengan kursi yang tersedia 9 seats/row dengan kombinasi 3-3-3. Saya yang duduk di kursi tengah cukup shock ketika melihat warna langit di jendela yang berwarna biru gelap sedangkan saat itu baru pukul 11 pagi! Setelah liat kanan-kiri dan nanya ke kakak saya yang duduk di sisi jendela, ternyata brightness jendela tersebut bisa diatur. Huff! Keren juga sih ngerasain suasana gelap didalam pesawat di waktu siang karena semua orang menggelapkan jendelanya hihi. Dan satu lagi keunikan yang saya masih agak mikir gunanya apa, yaitu lampu cabin yang warna-warni ini. Ada-ada aja yaa šŸ™‚

Hong Kong merupakan salah satu negara kaya di wilayah Asia, maka dari itu saya gak akan mensangsikan transportasi dalam kotanya yang sudah pasti teratur dan nyaman. Hong Kong International Airport ini berada di Pulau Chek Lap Kok dimana airport ini dibangun di atas tanah reklamasi. Waktu yang diperlukan untuk sampai di Central Hong Kong adalah 24 menit menggunakan MTR (Mass Transit Railway) dengan harga yang gak murah. Satu tip ketika bepergian ke Hong Kong adalah lebih baik membeli tiket secara online karena diskon yang diberikan untuk pembelian tiket online bisa menghemat banyak, termasuk tiket MTR ini. Saya membeli tiket 2 ways (to/from) Airport dan 3 days tourist pass seharga HKD 280 dengan kurs sekitar Rp 1710 + cashback HKD 50 kalo kartunya dibalikin ke Customer Service airport sebelum terbang pulang. Harga diskon tersebut saya yakini murah dibanding beli tiket terpisah dimana harga tiket Airport-Central aja one-way nya HKD 100. Satu kekurangan menggunakan tourist pass adalah tidak bisa digunakan ketika menggunakan bus :(, ternyata ini hanya untuk moda MTR saja. Tiga hari nya dihitung 72 jam sejak tap in pertama yang tercatat plus sisa waktu hari sampai tengah malam di hari terakhirnya.

Sistem kartu transportasi pada umumnya disini kurang lebih mirip dengan EZlink nya Singapore, namanya Octopus. Bentuk octopus ini sebenernya tidak hanya berbentuk kartu, tapi bisa juga berbentuk seperti boneka gantungan kunci lucu-lucu deh pokoknya. Sistemnya dengan isi ulang di vending machine nya, bisa menggunakan moda transportasi apapun dan juga bisa digunakan sebagai kartu belanja di banyak gerai seperti 7eleven, drugstore setempat, kadang di toko baju juga ada yang bisa dibayar menggunakan Octopus ini.

MTR HongKong - Central dilengkapi dengan USB Charger di setiap tempat duduknya

accomodation

20170629_233747.jpg

attractions

NGONG PING 360

VICTORIA PEAK AND VICTORIA TRAM

HONG KONG DISNEYLAND

20170701_094105-01

MACAU

20170702_095556-01

BERBURU KULINER A LA HONG KONG!

1.Kam Kee Cafe

2. Tsui Wah

3. Cafe De Coral

4. Hui Lau Shan

http-signatures-mylivesignature-com-54494-336-764b5a3e1154b883f7d5aa5ad5e5d0c0

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s